Archieve

10.14.2010

Task #1: Brosur (brainstorm+konsep+final)

Halo! Akhirnya saya ada kesempatan posting tentang tugas ini meskipun sudah sangat telat beberapa minggu. Jadi, brief tugas ini adalah me-redesain brosur jurusan desain produk industri yang akan berubah menjadi fakultas desain dan industri kreatif.

Seperti biasa, proses awal adalah brainstorm. Proses mencari ide ini bisa dilakukan dengan apa saja, seperti browsing di beberapa web favorit saya, jalan-jalan ke toko buku yang menjual buku-buku import, dan bahkan dari melihat video2 live di youtube. hehehehe

Setelah mendapat ide, mulailah saya mencari-cari typeface di beberapa web penyedia font gratis. Kenapa mencari typeface dulu? ya karena menurut saya sebuah elemen penting dalam brosur adalah informasi di dalamnya. Jadi agar informasi yang akan disamapaikan dapat dipahami oleh pembaca maka harus menggunakan typefaces yang cocok dengan ide dan layout. Kemudian mulailah saya membuat layout secara manual dengan pensil dan kertas. Sesekali saya memikirkan tentang bentuk lipatan dan die-cut dari brosur tersebut. Akhirnya muncullah konsep "Interfaces". Apa hubungan dari interfaces dengan sebuah brosur yang berisi tentang informasi kampus desain?. Seperti yang kita ketahui semua orang yang berhubungan dengan teknologi pasti membutuhkan interfaces sebagai alat komunikasinya. Ide inilah yang saya pakai dalam brosur ini, "brosur sebagai alat informasi Institut teknologi sepuluh nopember".

Setelah layout telah di acc, maka mulailah saya mengerjakannya dalam bentuk digital. Memotret beberapa objek yang akan ditampilkan nantinya dalam brosur ini. Sebelum di print saya melakukan acc yang ke 3. Dan dari obrolan saya dgn pak ramok untuk membedakan antara brosur-brosur tersebut headline brosurnya juga harus berbeda. Akhirnya saya memotret lagi beberapa tipo untuk dijadikan headline.
Sampailah pada final!!

dkv
(brosur untuk jurusan desain komunikasi visual)

animasi
(brosur untuk jurusan animasi)

interior
(brosur untuk jurusan desain interior)

produk
(brosur untuk jurusan desain produk)

kritik saran silahkan tulis di chat box yaa.. terimakasih..
see you next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar